Skip to main content

Apa istimewahnya ?


Sebentar lagi memasuki bulan romadon. Dari sebagian kita mungkin sudah tau istimewahnya romadon tapi gak ada salahnya kita mengingat kembali hal-hal yg istimewah tersebut. Untuk yang belum tahu, nih infonya. 

Malam Pertama 
Rasulullah SAW bersabda : “Ketika malam pertama di bulan romadon, Allah berfirman ; siapa yang cinta kepadaku maka aku mencintainya, dan siapa yang mencariku maka akupun mencarinya, dan siapa yang meminta ampunan padaku maka aku mengampuninya. Disebabkan memulyakan bulan romadon. Kemudia Allah berkata kepada malaikat Kiromil katibin supaya menulis amal-amal yang baik dan tidak menulis amal-amal yang buruk dan Allah melebur dosa-dosa terdahulu”.

Bahagialah 
Rasulullah SAW bersabda : “Seseorang yg bahagia dg masuknya bulan romadon, maka Allah mengharamkan jazadnya di semua nerak” 

Tau gak ? 
Diriwayatkan bahwa suhuf nabi Ibrohim di turunkan pada malam pertama bulan romadon. Kitab Taurat di turunkan tanggal 6 romadon setelah 700 tahun dari turunnya suhuf nabi Ibrahim. Kitab Zabur di turunkan di malam tanggal 12 bulan romadon, selisih 500 tahun dengan turunnya kitab Taurat. Kitab Injil di turunkan pada malam tanggal 18 bulan romadon setelah kitab Zabur dengan jarak 1200 tahun. Kitab Al-qur’an di turunkan malam tanggal 17 romadon setelah kitan Injil dengan jarak 620 tahun. Jadi, kitab-kitab para nabi (itu semua) di turunkan pada bulan romadon.

Semua bulan adalah Romadon (andai) 
Di riwayatkan dari Ibnu Abbas r.a sesungguhnya Ibnu Abbas mendengar Rasulullah SAW bersabda : Andaikan semua umatku mengetahui pahala amal baik di bulan romadon, maka mereka mengharap semua bulan dalam setahun menjadi bulan romadon. Karena pada bulan romadon semua amal baik itu berkumpul: semua taat di terima, semua do’a di kabulkan, dosa-dosa di ampuni dan semua surga memanggil umat tersebut. 

 Jangan sampai
“Hina dan celakalah seseorang jika telah masuk bulan romadon hingga selesai romadon dia tidak memperoleh ampunan dari Allah (artinya : tidak mau puasa, tidak mau tarawih dan tidak mau beramal baik di bulan romadon). Karena sesungguhnya bulan romadon adalah bulannya memperolah rahmat dan ampunan dari Allah SWT”. Sehingga jika seseorang tidak memperoleh rahmat dan ampunan maka ia adalah orang yg merugi.

Mohon di koreksi jika ada kesalahan. Referensi tulisan di atas adalah kitab Dhurrotun Nasihin.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah : Evaluasi Hasil Belajar (Psikologi Pendidikan)

PRAKATA Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini tanpa halangan suatu apapun.               Dengan adanya evaluasi hasil belajar, seorang pendidik dapat melihat pencapaian belajar peserta didik. Melalui evaluasi yang tepat, pendidik dapat menyelesaikan masalah pembelajaran yang dialami siswa. Guru dapat memilih jenis evaluasi yang ada, berdasarkan kebutuhan siswa. Materi evaluasi hasil belajar perlu diberikan kepada mahasiswa program Pendidikan Guru MI (PGMI) sebagai bekal dan pengetahuan sebelum turun dilapangan.             Penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis pada khususnya dan bagi pembaca pada umumnya. Semoga dengan mempelajari evaluasi hasil belajar, kita dapat menambah wawasan dan dapat mengamalkannya. Pekalongan, Oktober 2016      Penulis DAFTAR ISI PRAKATA   .............................................

Makalah: Pembelajaran Keterampilan Menulis - Maharah Al-Kitabah (Pembelajaran Bahasa Arab)

DAFTAR ISI DAFTAR ISI   ...............................................................................................      2 BAB I    PENDAHULUAN ..........................................................................      3   A. Latar Belakang Masalah ...................................................................      3   B. Rumusan masalah ..............................................................................      3   C. Tujuan Penelitian ...............................................................................      3 BAB II PEMBAHASAN ..............................................................................      5 A. Pengertian Pembelajaran ....................................................................      5 B. Pembelajaran Keterampilan Menulis ..................................................      5 B. Langkah-langkah Pembelajaran Menulis ( Kitabah ) ............................      6 B. Kelebihan dan Kelemahan Pemb

Instrumen Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran dalam Bahasa Indonesia

BAB II PEMBAHASAN A.     Pengertian penilaian dan pengukuran Penilaian sebagai proses untuk mendapatkan informasi dalam bentuk apapun yang dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan tentang siswa, baik yang menyangkut kurikulum program pembelajaran, iklim sekolah, maupun kebijakan – kebijakan sekolah. Menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentag standar penilain mendefinisikan penilain adalah sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. [1] Secara formal hal ini dinyatakan sebagai salah satu prinsip penialain menurut peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian pendidian sebagai berikut : 1.          Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. 2.          Objektif, penilain didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi objektivitas peniali. 3.